Sabtu, 31 Mei 2014

Arsitektur Mesjid dan Mimar Sinan


Warisan Islam - Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa kehadiran mesjid sebagai sebuah tempat beribadah untuk umat islam telah menjadi suatu simbol yang tak akan pernah lekang oleh waktu.

Fungsi dan kehadiran mesjidpun bukan sekedar untuk beribadah sahaja namun bisa juga menjadi sebagai sebuah tempat untuk berseliturahmi bagi umat islam.

Mesjid sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari peradaban islam dari waktu ke waktu. Desain dan arsitekturnya pun berbeda-beda tergantung dari arsiteknya. Meskipun begitu desain dan arsitek yang bermacam itu mempunyai makna yang sama, yaitu tauhid.

Bila berbicara mesjid maka perhatian kita seharusnya tertuju ke negara Turki, dimana negara ini pernah melahirkan salah seorang arsitek mesjid yang terkenal diseluruh dunia, orang tersebut adalah Koca Mimar Sinan.

Koca Mimar Sinan merupakan arsitektur negara Turki pada waktu itu karena fokus yang diutamakan beliau bukan hanya mengenai mesjid tapi juga hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, contohnya WC.

Meskipun begitu Koca Mimar Sinan tetaplah terkenal karena jasanya yang gemilang terhadap desain mesjid yang megah itu. Salah satu contohnya adalah mesjid Sulaiman, Sehzade Mosque dan lain-lain.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar